Senin, 24 Mei 2010

Yang Rawan AIDS adalah Perilaku Bukan Daerah

Tanggapan terhadap Berita di Harian “Pos Metro”

Oleh Syaiful W. Harahap*

Jakarta, 13/10-2003. Berita “Ada 31 Titik Rawan AIDS di Karawang” yang dimuat Harian “POSMETRO” edisi 7 Oktober 2003 di halaman 4 menyesatkan karena tidak sesuai dengan fakta. Tidak ada titik, tempat atau lokasi yang rawan AIDS karena AIDS tidak bercokol di satu tempat. HIV berada di dalam aliran darah manusia yang HIV-positif.

Yang menempatkan seseorang berada pada titik rawan tertular HIV adalah perilakunya yaitu perilaku berisiko tinggi tertular HIV, al. (1) melakukan hubungan seks penetrasi tanpa kondom dengan pasangan yang berganti-ganti di dalam dan di luar nikah, (2) melakukan hubungan seks penetrasi tanpa kondom dengan seseoarang yang suka berganti-ganti pasangan di dalam dan di luar nikah. Jadi, seorang WTS pun bisa tidak berisiko jika dalam melakukan hubungan seks pasangannya memakai kondom. Ini fakta.

Berita itu akan membuat orang lengah karena mereka beranggapan kalau melakukan perilaku berisiko tinggi tertular HIV di luar ‘titik rawan’ itu akan aman. Ini menyesatkan karena penularan HIV tidak ada kaitannya dengan ‘titik rawan’.

Pada bagian lain disebutkan “ …. di Karawang dari 26 kasus penderita AIDS yang dinyatakan positif tertular HIV 8 orang…. “. Pernyataan ini ngawur. Seseorang yang sudah didiagnosis secara medis sudah mencapai masa AIDS maka jelas ybs. HIV-positif atau sudah tertular HIV.

Di bagian lain dikutip pernyataan Syafruddin “ ….pada tahun 1996 lahir bayi pertama yang diketahui tertular HIV.” Ini juga ngawur karena sebelumnya sudah ada juga bayi yang lahir dari seorang ibu yang HIV-positif. Ny. Am dipulangkan dari Batam tidak dalam keadaan hamil. Dia hamil setelah menikah di sebuah KUA di Jakarta setelah dipulangkan dari Batam. Yang membuat kondisi Ny. Am buruk buka AIDS tapi infeksi oportunistik dan dia meninggal bukan karena AIDS. AIDS bukan penyakit.

* Penulis pemerhati masalah HIV/AIDS melalui LSM (media watch) ”InfoKespro” Jakarta (E-mail: infokespro@yahoo.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar